-->
  • Jelajahi

    Copyright © RadarUpdate.com | Panduan Masa Depan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    RADAR UPDATE

    Makna Dari Peringatan Hari Tumpek Wayang

    RadarUpdate.com
    Sabtu, 05 Maret 2022, 15:37 WIB Last Updated 2022-03-05T08:37:23Z

    RADAR UPDATE, JAKARTA — Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memimpin kegiatan bersih-bersih sampah plastik dan penanaman pohon di Alun-Alun Ida Dewa Agung Jambe, Lapangan Puputan Klungkung, Sabtu (5/3). 

    Kegiatan ini dilaksanakan sesuai intruksi dari Gubernur Bali Nomor 4 tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan Upacara Jagat Kerthi yaitu sebagai pelaksanaan tatanan kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sat Kerthi. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom, Ketua TP. PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, OPD terkait serta para siswa.

    Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta mengaku sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya makna dari perayaan Tumpek Wayang ini merupakan makna dari menjaga keharmonisan alam berserta isinya. Kita tidak mulai kegiatan ini disini saja, tetapi juga dilaksanakan di masing-masing desa dan kedepannya berkesinambungan.
     
    "Kita di Kabupaten Klungkung sudah melakukan kegiatan ini dengan baik, seperti memelihara pepohonan dan tanaman lainnya," ujar Bupati Suwirta.

    Bupati Suwirta juga menambahkan agar kegiatan ini bisa diikuti dengan sebaik-baiknya. Selain itu, di Kabupaten Klungkung juga sudah melakukan Gerakan Sampah Plastik sejak tahun 2018 lalu. Resik sampah bersama juga dilaksanakan setiap hari Jumat. Upaya ini dilakukan agar kebersihan lingkungan tetap terjaga dengan baik. 

    "Mari bersama-sama maknai peringatan kegiatan Tumpek Wayang ini untuk menjaga keharmonisan alam dengan sebaik-baiknya," harap Bupati Suwirta.

    Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mengatakan kegiatan ini diawali dengan melakukan penanaman pohon dan bersih-bersih sampah plastik. Nilai-nilai adiluhung Sat Kerthi seperti keharmonisan antara alam, manusia dan Kebudayaan Bali yang meliputi tradisi, seni, budaya hingga kearifan lokal secara niskala dan niskala diharapkan bisa dipahami dan diterapkan dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. Yang dimana tujuannya untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali era baru.

    Diakhir kegiatan ini, Bupati Suwirta juga melakukan penataan tanaman jenis pohon Bugenvil di Monumen Ida Dewa Agung Jambe.(hklk/puspa).

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    LIFESTYLE

    +