-->
  • Jelajahi

    Copyright © RadarUpdate.com | Panduan Masa Depan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    RADAR UPDATE

    Tuan Syeikh Faqih Abdurrahman Rafie Terima Gelar Tokoh Ulama Pendidik Riau

    RadarUpdate.com
    Rabu, 30 Maret 2022, 20:01 WIB Last Updated 2022-04-07T01:43:43Z

    RADAR UPDATE, RIAU Pemerintah provinsi Riau menganugerahkan gelar Tokoh Ulama Pendidik Riau kepada Tuan Syeikh Faqih Abdurrahman Rafie. Dia adalah seorang Pendiri Pondok Pesantren Hubbulwathan Riau

    Anugerah Tokoh Ulama Pendidik Riau tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Riau, Syamsuar kepada Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Hubbulwathan (YPP HW) Riau, Buya Hamka Riau di Pondok Pesantren Hubbulwathan (YPP HW) Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Mandau Duri, Kabupaten Bengkalis, Rabu (30/3/2022).

    Yayasan Pondok Pesantren Hubbulwathan Riau berdiri sejak tahun 1937. Dirintis oleh Tuan Syeikh Faqih Abdurrahman Rafie.

    "Tuan Syeikh Faqih adalah seorang tokoh ulama pendidik sekaligus ahli hukum islam yang sangat disegani dan dihormati masyarakat," kata Gubri.

    Pada tahun 1952, Tuan Syeikh Faqih kemudian melebarkan sayap perjuangan Hubbulwathan ke Bagan Siapiapi. Dan di sinilah kemudian Hubbulwathan melahirkan banyak kader-kader yang berkecimpung baik di dunia pendidikan, sosial keagamaan bahkan politik.

    "Alumni Hubbulwathan tidak hanya dikenal sebagai alumni yang hanya bisa membaca doa dan berpidato, tapi juga menguasai bidang-bidang lainnya. Hal inilah yang menyebabkan Tuan Syeikh Faqih semakin dikenal dan disegani," tuturnya.

    Syamsuar mengatakan bahwa semangat Tuan Syeikh Faqih untuk mendidik dan memberikan ilmu kepada anak-anak Rokan, tidak pernah berhenti.

    Ditangan beliau, lanjut Gubri, Hubbulwathan dikenal diseluruh penjuru. Tidak hanya di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hilir, namun juga dikenal hingga seluruh wilayah di Riau.

    "Hubbulwathan telah banyak mengantarkan anak-anak Rokan menjadi orang ternama di Provinsi Riau. Tekad besar dan semangat membara beliau untuk selalu memajukan pendidikan harus kita apresiasi dan teladani," ungkap Gubri.

    "Dengan kiprahnya tersebut, maka sudah sepantasnyalah Pemerintah provinsi Riau menyematkan kepada beliau sebagai Tokoh Ulama Pendidik Riau," ia menambahkan.

    Penganugerahan Gelar Tokoh Ulama Pendidik kepada Tuan Syeikh Faqil Abdurrahman Rafie oleh Pemerintah provinsi Riau dihadiri Gubernur Riau, Bupati Bengkalis dan Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir.

    Dilansir dari sejumlah media, Tuan Syeikh Faqih Abdurrahman Rafie lahir pada tahun 1911 di Kualo Sako, Desa Sekapas, Kecamatan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir. Kemudin, ia wafat pada tanggal 22 Oktober 1988 bertepatan dengan 11 Rabi’ul Awwal 1409 Hijriyah.

    Lokasi makam Tuan Syeikh Abdurrahman Rafie terletak di Jalan Hubbulwathan, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Riau. Di dekat makam Pendiri Pondok Pesantren Hubbulwathan itu juga terdapat makam sang istri dan anak laki-lakinya.

    (Mediacenter Riau)
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    LIFESTYLE

    +