-->
  • Jelajahi

    Copyright © RadarUpdate.com | Panduan Masa Depan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    RADAR UPDATE

    Pelaku Wisata, Dulu Kelola Villa Kini Menjadi Nelayan Akibat Sepi Pengunjung

    RadarUpdate.com
    Senin, 16 Mei 2022, 00:04 WIB Last Updated 2022-05-15T17:04:42Z
     

    RADAR UPDATE | BALI - Pandemi Covid-19 menjadi ketakutan besar bagi pelaku wisata, karena hal tersebut menjadi penghalang wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Bali. Apalagi, perekonomian Bali sebagian berasal dari sektor pariwisata.

    Seperti cerita I Nyoman Karya (56) yang merupakan salah seorang pelaku wisata asal Desa Bunutan, Amed, Kecamatan Abang, Karangasem yang mengelola sebuah Villa di kawasan Bunutan, Amed. Villa Taman Padi, dulunya ramai dihuni wisatawan mancanegara. Di massa jayanya, villa tersebut selalu full booking, utamanya di bulan Juli dan Agustus. 

    Namun semenjak pandemi Covid-19 menyerang, tamu yang datang sepi bahkan sampai nol. Hal tersebut mengakibatkan kerugian. Apalagi, villa yang dibangunnya tersebut, dengan pinjaman modal bank bahkan belum lunas. Pandemi Covid-19 telah merusak rencana yang ia buat. Sehingga terpaksa, dirinya harus jual aset untuk melunasi hutang. 

    "Ada 14 kamar, sampai saat ini masih sepi," Ujarnya. Pemasukan pun tidak ada, hingga tidak dapat lagi membayar karyawan. Karena hal itu, 6 orang karyawan yang bekerja di Villa itu terpaksa harus dirumahkan sementara. 

    Semenjak sepi, Karya mengaku harus beralih profesi sebagai nelayan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Namun sayangnya, akhir-akhir ini tangkapan ikannya pun sepi karena faktor alam. 

    Dirinya berharap agar situasi menuju endemi seperti saat ini, Amed dikunjungi wisatawan mancanegara lagi. 

    "Wisatawan mancanegara mulai masuk belakangan ini meskipun belum signifikan, kebanyakan datang dari jaringan diving di Denpasar yang ingin diving di Amed. Hanya saja sejauh ini baru sebatas aktivitas diving. Habis Diving mereka kembali ke denpasar atau ke tempat lain dimana mereka menginap," Katanya, Minggu (15/5/2022). 

    Diakuinya hunian Villa dan Hotel di Amed memang masih sepi, karena para wisatawan hanya ke Amed untuk melaksanakan aktivitas Diving saja. (bk/Ami)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    LIFESTYLE

    +