-->
  • Jelajahi

    Copyright © RadarUpdate.com | Panduan Masa Depan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    RADAR UPDATE

    Ikan Marlin Bumbu Bali, Kuliner Yang Melegenda Ada di Karangasem

    RadarUpdate.com
    Senin, 25 Juli 2022, 19:29 WIB Last Updated 2022-07-25T12:29:18Z

    RADAR UPDATE | Karangasem — Jika berbicara tentang wisata di Kabupaten Karangasem, tentu ada berbagai macam jenis wisata yang bisa dijajaki. Tak ketinggalan di Kabupaten Karangasem juga terdapat wisata Kuliner yang melegenda yakni olahan ikan Marlin di tempat makan "Bu Ribu" di Sengkidu, Manggis, Kabupaten Karangasem. 

    Tempat Makan "Bu Ribu" Ini sudah berdiri sejak tahun 1950an. Tak heran jika tempat ini sudah dikenal tidak hanya dikalangan lokal saja, namun juga sering dikunjungi tamu asing. 

    Ikan Marlin diolah menggunakan bumbu khas Bali, yang disulap menjadi berbagai jenis menu seperti Sate lilit, Soup ikan, Pepes bumbu plecing serta pepes bumbu rajang. 

    Proses pengolahan ikan marlin di tempat ini masih mempertahankan ke-tradisionalannya, ini agar tidak merubah cita rasa khasnya yang sudah terkenal dari jaman ke jaman. 

    Ditemui Senin (25/7/2022), pemilik tempat makan, Nyoman Mariani atau akrab dipanggil Mek Rebu mengatakan, "Awalnya hanya warga Karangasem saja yang makan di sini, tapi kemudian mereka banyak yang merantau ke luar Karangasem seperti Denpasar, mengajak teman datang makan ke sini, sampai membawa tamu-tamu asing juga," Ujarnya. 


    Jika dilihat, tempat makan ini sangat sederhana. Pengunjung dapat menyaksikan langsung proses pengolahan ikan Marlin ini karena tempat makan yang disediakan letaknya persis di samping dapur yang konsepnya masih sangat tradisional dan terbuka. 

    Sementara, dijelaskan Mek Rebu jika dalam sehari ia bisa menghabiskan sekitar 30 kilogram ikan Marlin. Ikan Marlin mentah yang diolah ini  berasa dari nelayan lokal di kawasan Karangasem khususnya Padang Bai dan perairan Ujung. 

    "Biasanya sehari pasti habis saja, kita buka dari jam 11 siang sekitar jam 5 sore sudah habis," Kata Mek Rebu. ( Ami/bk)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    LIFESTYLE

    +