-->
  • Jelajahi

    Copyright © RadarUpdate.com | Panduan Masa Depan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    RADAR UPDATE

    Sabu Tangkapan Polda Senilai Rp.56 Miliar Mulai Disidangkan

    RadarUpdate.com
    Kamis, 28 Juli 2022, 16:22 WIB Last Updated 2022-07-28T09:22:32Z

    RADAR UPDATE | Tiga terdakwa masing-masing, Anak Agung Gede Oka Panji als Gung Panji (49), I Ketut Subagiastra (35) dan Komang Suwana (48) menjalani sidang perdananya secara virtual di PN Denpasar, Kamis (28/07). 

    Ketiganya dijerat pasal berlapis dengan ancaman terberat hukuman mati, terkait kasus narkoba jenis sabu seberat 35,1 kilogram dengan nilai Rp.56 miliar.  Pada sidang inj, JPU Kejati Bali membagi dua berkas perkara.

    Berkas pertama milik terdakwa Gung Panji, sedangkan berkas kedua yang digelar dalam sidang terpisah milik terdakwa Subagiastra dan Komang Suwana als Mang Ana.
    "Barang bukti sebanyak itu dari pengakuan terdakwa adalah milik WNA asal Australia yang dipanggil Mr Apple (buron)," sebut Jaksa I Bagus PG Agung dan I Made Agus Sastrawan dalam dakwaannya.

    Saat itu Lanjut JPU membacakan berkas dakwaan Gung Apnji bahwa narkoba dibawa ke Vila Jepun milik terdakwa di Jalan Dewi Saraswati, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung, pada awal Januari 2022.

    Vila tersebut juga merupakan tempat terdakwa Subagiastra bekerja sebagai tukang bersih-bersih. "Di villa itu, Mr Apple menyewa kamar vila selama lima bulan, dari Januari – Mei 2022," sambungnya.

    Harga sewa lima bulan sebesar Rp 50 juta, akan tetapi baru dibayar sebesar Rp 20 juta. Tamu asing tersebut kemudian menempati kamar Nomor 1. Pada Februari 2022, ada sebuah mobil APV warna putih datang ke vila. 

    Sopir mobil tersebut menanyakan keberadaan Mr. Apple kepada saksi Subagiastra. Saksi kemudian mengarahkan sopir tersebut ke kamar Mr. Apple.

    Beberapa saat kemudian sopir dan Mr. Apple keluar dari kamar dan mengambil bungkusan warna putih dari dalam mobil. Bungkusuan itu langsung dibawa masuk ke dalam kamar, setelah itu sopir pergi.

    Akhir Februari 2022, Mr. Apple mengatakan kepada saksi Subagiastra akan pulang ke negaranya selama dua bulan karena ada urusan dan melarang Subagiastra untuk masuk ke kamarnya.

    Selanjutnya, 15 Maret 2022 sekitar pukul 16.00 Wita, Subagiastra masuk ke dalam kamar itu dengan kunci duplikat, untuk bersih-bersih kamar. Karena sudah dua pekan tidak pernah dibersihkan.

    Saat melakukan pembersihan, Subagiastra sempat membuka tutup tong kayu warna cokelat yang ada di dalam kamar. Di dalamnya ada paket bungkusan teh cina warna emas bertuliskan “Guanyinwang”.

    Karena penasaran, Subagiastra membuka bungkusan tersebut dan ternyata di dalamnya berisi kristal bening diduga sabu. Selain itu juga ditemukan berbagai paket ekstasi, ganja, dan psikotropika.

    Subagiastra kemudian langsung menelepon terdakwa Gung Panji selaku pemilik vila. Saat itu Gubg Panji menyuruh Subagiastra merapikan dan menyimpan kembali semua barang terlarang itu sambil menunggu Mr. Apple kembali dari Australia.

    Setelah merapikan, beberapa waktu kemudian Subagiastra berpikir untuk memanfaatkan barang haram tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
    Keesokan harinya, 16 Maret 2022, Subagiastra kembali masuk ke dalam kamar kemudian mengambil tiga bal barang yang berisi ganja. Barang itu lalu disimpan di dalam kamar Nomor 2.

    Selanjutnya Ia menelepon Komang Suwana als Mang Ana (terdakwa sidang terpisah). “Mereka kembali ke dalam vila dan mulai mengemas ekstasi ke dalam cangkang kapsul untuk dijual,” jelasnya.

    Besok malamnya mereka (Mang Ana dan Subagiastra) menjual ekstasi ke tempat hiburan malam di daerah Canggu, Petitenget, dan Seminyak, di mana satu paket dijual Rp 400 ribu. Transaksi dilakukan secara tunai.

    Setiap akhir pekan keduanya menjual kapsul ekstasi sebanyak 50 biji kapsul. Uang hasil penjualan kapsul tersebut dibagi berdua secara rata. Selama barang tersebut di jual, telah meraup uang sebesar Rp.30 juta.

    Selanjutnya ada permintaan dari pembeli di tempat hiburan malam yang meminta dicarikan kokain atau serbuk MDMA. Subagiastra ingat di dalam kamar ada kokain. Kembali mereka berdua masuk kamar Mr.Apple dan memecah serbuk kokain.

    Pada 8 April 2022, tim dari Ditresnarkoba Polda Bali melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap Subagiastra dan Mang Ana di depan vila. Saat ditangkap mereka membawa sepuluh paket kecil kokain dengan berat 8,00 gram netto dan sembilan paket plastik klip kecil MDMA seberat 7,38 gram netto.

    Polisi juga mengamankan ekstasi dan narkoba jenis lainnya di kamar vila dengan berat total puluhan gram. Setelah mengetahui jika pemilik Villa Jepun adalah terdakwa Gung Panji, di mana yang bersangkutan juga mengetahui jika di dalam kamar tersimpan narkotika, polisi akhirnya menangkap Gung Panji.

    Polisi lantas melakukan penggeledahan badan terdakwa menemukan ponsel dan berbagai kartu ATM serta uang tunai sebesar Rp 9 juta. “Uang tersebut diduga ada kaitannya dengan tindak pidana yang dilakukan Subagiastra dan Suwana,” tegas JPU Bagus.

    Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) UU Narkotika. Dakwaan kedua JPU memasang Pasal 62 juncto Pasal 71 ayat (1) UU Narkotika. 

    Selain itu JPU juga memasang Pasal 112 ayat (2) Jo. Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 111 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) UU UU yang sama. Dakwaan ketiga Pasal 62 juncto Pasal 71 ayat (1) UU yang sama, serta Pasal 131 UU yang sama.

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU