-->
  • Jelajahi

    Copyright © RadarUpdate.com | Panduan Masa Depan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    RADAR UPDATE

    Kain Gringsing Souvenir G20 Siap Dikirim

    RadarUpdate.com
    Selasa, 02 Agustus 2022, 14:13 WIB Last Updated 2022-08-02T07:13:37Z

    RADAR UPDATE | BALI — Salah satu kekayaan intelektual asli Karangasem, yakni Kain Gringsing asli buatan dari pengrajin di Desa Tenganan Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, dijadikan souvenir untuk para kontingen atau peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022, pada bulan Desember mendatang di Bali. Dengan kualitas yang tak main-main bahkan sudah melalui seleksi ketat, kini sejumlah 120 lembar Kain Gringsing Tenganan sudah dalam tahap packing dan siap untuk di kirim. 

    Hal tersebut dikatakan Ketua Pengelola Desa Wisata Tenganan Pegringsingan I Putu Wiadnyana, Senin (1/8/2022). "Sudah siap untuk dikirim, kami sedang koordinasi dengan pihak yang akan menerima mewakili kementrian pariwisata, " Ungkapnya. Pihaknya memang menargetkan akan menyelesaikan pesanan tersebut sampai akhir bulan Juli 2022 dan target tersebut berhasil dicapainya. 

    Ditambahkan Wiadnyana, tercatat ada 30-an  motif kain Gringsing, namun untuk suovenir G20 ini, di kain yang berjenis Gringsing cenik tersebut, terdapat lebih dari satu motif (kombinasi) dan dari 120 kain pesanan itu, terdiri dari 38 motif baik motif tunggal maupun kombinasi.

    Sementara, nilai total harga kain Gringsing yang dikirim menjadi Souvenir tersebut mencapai Rp. 132.000.000,- . "Jumlah kain 120 lembar dan estimasi lapangan kerja yang tercipta 480 lapangan kerja. Sedangkan satu lembar kain dikerjakan oleh setidaknya 4 orang pengrajin diantaranya pengrajin benang, pembuat motif, pencelup warna dan penenun,"terangnya. Untuk itu pihaknya dan juga masyarakat Desa Adat Tenganan mengaku sangat berterima kasih. 

    "Berkat order souvenir G20 ini keberadaan kain Gringsing semakin dikenal dan sangat membantu pengrajin dalam menaikkan harga jual terutama disaat pemulihan pasca Covid-19. Rasa terima kasih kami sampaikan kepada Kemenparekraf khususnya untuk pak Menteri Sandiaga Uno karena order ini juga terkait program desa wisata melalui Anugrah Desa Wisata Indonesia," Tandasnya. (Ami/bk)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    LIFESTYLE

    +