-->
  • Jelajahi

    Copyright © RadarUpdate.com | Panduan Masa Depan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    RADAR UPDATE

    Pemkab Soppeng Raih Penganugerahan Adipura Tahun 2023 Kategori Kota Kecil

    RadarUpdate.com
    Rabu, 06 Maret 2024, 11:38 WIB Last Updated 2024-03-13T03:26:06Z

    RADAR UPDATE | SOPPENG  —  Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP menghadiri acara Penyerahan Piala Adipura Kencana, Adipura Kota Sedang dan Adipura Kota Kecil, bertempat di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kemen LHK, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Selasa, 5 maret 2024.

    Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri LHK Ibu Siti Nurbaya yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Bapak Ma’ruf Amin.

    Pada sambutannya, Menteri LHK menyampaikan bahwa terdapat 106 Kabupaten/Kota yang menerima Piala Adipura dan 51 Kabupaten/Kota yang mendapatkan sertifikat adipura. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada tahun 2022 dimana hanya 58 Kabupaten/Kota yang menerima piala adipura.

    Pada kesempatan yang sama Wakil Presiden RI menyampaikan beberapa arahan untuk para Gubernur, Walikota dan Bupati se indonesia diantaranya pencapaian kebijakan & strategi sampah nasional (Jakstranas) tahun 2050 harus nol sampah dan nol emisi, komitmen Pemerintah Daerah untuk melakukan pengurangan sebesar 30% dan pengolahan sampah sebesar 70% dengan melakukan edukasi & inisiasi perubahan paradigma tentang penanganan sampah.


    Ditempat yang sama Wapres RI Bapak Ma’ruf Amin menyerahkan Adipura kencana kepada Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Surabaya dan Kabupaten ciamis sedangkan untuk Adipura Kota Sedang dan Kota Kecil diserahkan oleh Wakil Menteri LHK Alue Dohong didampingi Dirjen PSLB3 Rosa Vivien Ratnawati.

    Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP mengatakan Kabupaten Soppeng mendapatkan piala Adipura tahun 2023 setelah sebelumnya pernah meraih terakhir pada tahun 2019. Pencapaian ini tidak lepas dari pengelolaan TPA yang sudah baik dengan memenuhi unsur kriteria Adipura mulai dari pengaturan blok, penutupan sel harian, pengaturan zona aktif dan pasif, pengelolaan sampah di TPA baik di Bank Sampah Induk, pengomposan dan budidaya maggot.

    Penghargaan piala Adipura kali ini sangat membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Soppeng dimana kita bangkit dari titik paling lemah pengelolaan TPA dan pengelolaan sampah dimasyarakat yang kurang maksimal sehingga melalui beberapa kebijakan dan strategi Pemerintah Kab. Soppeng melakukan penataan tata kelola persampahan dengan memaksimalkan pengelolaan TPA Lempa, mengaktifkan bank sampah unit di Desa/Kelurahan, sekolah, Kecamatan dan disetiap instansi pemerintah untuk melakukan penanganan sampah yg berbasis 3 R (Reuce, Reduice dan Resicle) sehingga semua sampah bisa mempunyai manfaat serta nilai ekonomi.

    Terima kasih kepada stakeholder, terkhusus kepada masyarakat Kabupaten Soppeng atas kerjasamanya selama ini, ini merupakan kado menyambut Hari Jadi Soppeng yang ke 763 Tahun.


    Publish : OVA-IWO
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    LIFESTYLE

    +